advertising

Senin, 26 Januari 2009

Peta Lintasan Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009





Map Local ring eclipse Sun 26 Jan 2009
Disebelah kiri ini animasi lintasan dimana bayang-bayang Gerhana Matahari Cincin yg dapat diamati di bumi. Lintasan ini memperlihatkan kota-kota di Indonesia yang akan mampu mengamati dimana gerhana tersebut terlihat. Hampir seluruh permukaan bumi Indonesia akan mengalami. Tetapi tidak akan terasa karena penutupan maksimumnya tidak melewati semua daerah.



Seperti kita tahu bahwa gerhana matahari itu terjadi karena bulan menutupi matahari. Jadi posisi bulan berada diantara matahari dan bumi. Posisi bulan dan matahari ini yang membentuk sabuk lintasan. Pada tanggal 26 Januari 2009 ini posisi bulan tidak dekat dengan bumi sehingga matahari hanya tertutup sebagian saja. Sehingga matahari nantinya akan terlihat seperti cincin.
Lokasi lainnya hanya melihat gerhana sebagian seperti bulan sabit saja.





Lintasan Gerhana secara keseluruhan pada tanggal 26 Januari 2009.



Lintasan gerhana di Indonesia akan terlihat paling baik di kota Lampung.



Nah semoga saja tidak ada hujan ataupun mendung sehingga kita dapat melihat gerhana matahari serta mengamati apa yang terjadi pada tumbuhan, pada binatang, dan juga perlikau manusia ketika gerhana.

Bagi anda yang yang bisa mengamati di lokasi sepanjang sabuk diantara garis biru akan melihat matahari seperti cincin. Sedangkan yang berada disebelah selatan dan utara garis itu akan melihat matahari seperti bulan sabit.


(Map Local ring eclipse Sun 26 Jan 2009)
Kalau kali ini masih gagal mengamati atau memotret gerhana jangan kuatir, berdoa saja insya Allah tahun 2016 (9 Maret) kita di Indonesia akan mengalaminya bahkan lebih spektakuler. Gerhana matahari total - GMT akan melewati Indonesia lagi dan bahkan akan melewati kota-kota besar di Indonesia. Lihat dibawah lintasan-lintasan GMT ini.

melihatnya secara online disini : 
melihat gambarnya silahkan klik bosscha observatorium atau lihat imagenya disini
 
Referensi: NASA

0 comments: