advertising

Minggu, 17 Mei 2009

CARA MENGGANTI TEMPLATE WORDPRESS MELALUI FTP MANAGER BYETHOST SECARA GRATIS

Hari ini saya dibingungkan kembali oleh masalah ganti template wordpress saya, ceritanya begini saya kan beli domain dot info di goddady kemudian saya kepingin domain itu HOSTING di WORDPRESS ya coba-cobalah saya masuk ke WP eh rupanya harus bayar 10 kredit, wah rugi donk bandar kalo gitu jadi dobel2 deh belinya. Akhirnya googling deh dan dapet informasi yang jitu dari blognya mas lutfi avandi tx ya mas. Nah rupanya kalo mau yang gratisan bagi anda yang punya domain di goddady terus pengen bikin blognya di WP harus ada hosting pihak ketiga, tentunya yang saya cari hosting gratis donk (ketemunya byethost.com.)

Skemanya begini:

Domain Goddady --------------> Hosting GRATI$$$) (byethost)------------> Bikin blognya di WORDPRESS  (GRATI$$$$$$$)

contohnya domain saya, http://www.elnabila.com (PR5)

Untuk bagaimana cara nya nanti akan saya bahas lebih  lanjut.

Sekarang kembali ke permasalahan mau ganti templatenya, gooling2 nemu blognya mas BAMZNYUBI akhirnya teratasi deh masalahnya.

Silahkan ikuti petunjuknya ya:  kalo ada pertanyaan silahkan comentar disini ya, saya siap berbagi.

Bagi yang belum punya template silahkan googling dan download di WP.org  dulu kalau sudah dapat cara uploadnya adalah sebagai berikut : (telah diedit seperlunya)

  • Log in ke byethost-nya masing-masing
  • Di Control Panel masuk ke FTP Manager dan pilih File Manager
    Masuk ke directory domain anda
     dan dipastikan ketemu folder lagi dengan nama htdocs
  • Masuk htdocs dengan cara meng-klik-nya dan root terakhir kita inilah semua file dan folder dari blog kita terkumpul mulai dari folder wp-admin sampai file xmlrpc.php
  • Untuk mengganti template masuk ke folder wp-content ada 2 folder penting yaitu plugins dan themes, nah disinilah letak perbedaan jalan selanjutnya, bagi yang mau upload plugins silahkan pilih plugins dan bagi yang ganti template silahkan pilih themes
  • Bagi yang pertama kali buat blog di root ini disediakan 2 template bawaan biasanya bernama classic dan default langkah selanjutnya silahkan upload template baru kita dengan cara mengklik-button upload posisi button tersebut disebelah atas dari root template kita tadi.
  • Di perintah upload selanjutnya jangan sampai salah pilih karena disini ada 2 pilihan teknik upload yaitu berbentuk files dan berbentuk file kompresi untuk template mayoritas dikompres dengan extension zip maka kita pilih upload dengan metode archives (zip, tar, tgz, gz)
  • Kalau sudah langkah terakhir tinggal aktifkan caranya masuk ke dashboard wordpress-nya pilihAppreance dan pilih Themes. Sebagai tambahan proses upload templates sama persis dengan upload plugins.

Untuk memudahkan silahkan lihat preview dibawah ini :

(saya ucapkan terima kasih sekali lagi buat mas lutvi dan Bamz)


File Manager di Control Panel [mengganti template wordpress]


Root Folder Blog [mengganti template wordpress]


Upload Templates [mengganti template wordpress]


Dashboard di Wordpress untuk ganti template [mengganti template wordpress]

Image and video hosting by ggpht

5 comments:

Om itu cara nggantinya thema yang lama di hilangin apa di biarkan aja Om?

gak usah dihilangin, karena nantinya akan menjadi directory di theme kamu. siapa tahu kamu suatu saat membutuhkannyatheme itu.

ga bisa daftar di hostingnya..
padahal dah masuk di email.. truzz pas konformasi ga mau....

Informasi yang bagus,, cobain mas triknya dulu...

Kalau untuk wordpress yg gratisan gimana caranya ya bos?