advertising

Senin, 01 Desember 2008

JAMKESMAS

Jamkesmas = jaminan kesehatan masyarakat, project ini actually adalah kepanjangan dari jaaring pengaman sosial (baca: JPS) tahun 2007 ngetrend nganggo nami ASKESKIN=asuransi kesehatan keluarga miskin , dimana DepKes waktu itu bermitra dengan PT.ASKES............tapi karena dinilai tingginya claim dari PT Askes dan dirasa(tentunya melalui tinjauan yang mendalam) kurang profesional cara penanganannya maka Ibu fadilah memutuskan kerjasama dengan PT A. so jadilah Jamkesmas th 2008 dg dititikberatkan pada dinkes masing2 Pemda/Pemkot, Dinkes merekrut tim verifikasi---verifikator, dmana kawan2 ntuch bertugas memverifikasi data keluarga miskin yang bisa/tidaknya dibantu ama program jamkesmas. okh ya askeskin dan jamkesmas dilengkapi dengan card pengenal.........jd setiap berobat harus menggunakan card tsb.
s.d bulan akhir september rupanya membludaklah jumlah peserta miskin tersebut.....tentunya depkes kewalahan donk ...sehingga dibukalah kembali update keluarga miskin sampai akhir oktober atas persetujuan kepala dinas dan bupati/walikota masing2 daerah tak terkecuali dibatam.
Dibatam pemko memberikan bantuan berupa selisih biaya yang tidak ditanggung jamkesmas jumlahnya ratusan juta rupiah tapi ini memang msh dirasa belum cukup,.......tapi lumayanlah tuk membantu para pasien gakin tsbt.

to be continued

0 comments: