advertising

Sabtu, 18 April 2009

Mengganti Kepemilikan Blogspot ke Akun Gmail yang baru

Mengganti Kepemilikan Sebuah Blog di Blogger (Blogspot)

Sudah lama saya ingin memindahkan kepemilikan alamat blog tertentu dari satu akun gmail ke akun gmail yang lain, misalnya: alamat "namablog.blogspot.com" tadinya dibuat oleh akunlama@gmail.com, lalu saya ingin memindahkan kepemilikan alamat blog tersebut ke akunbaru@gmail.com. Setelah berkeliling sebentar (dengan bimbingan mbah google tentunya) akhirnya ketemu juga cara memindahkan kepemilikan sebuah blog.

Awalnya saya hanya memiliki sebuah akun di blogger.com. Semua blog yang saya buat dengan akun ini, baik yang serius (rajin di update/membuat artikel), maupun blog yang hanya dibuat untuk iklan satu halaman (one page sales letter atapun landing page untuk program afiliasi). Maklum belum punya modal untuk hosting sendiri jadi pakai saja yang gratisan.

Setelah sekian lama perjalanan akibatnya adalah: saat saya membuka dashboard blogger saya isinya benar-benar terlalu ramai, sehingga terkadang untuk mencari blog yang ingin saya edit settingan-nya harus searching dulu. Lalu terpikir untuk memisahkan antara blog yang "serius" dengan yang isinya iklan sales page.

Ternyata tidak semudah yang saya duga prosesnya. Tadinya saya test dengan menghapus sebuah blog, mis: abc.blogspot.com, di akun lama (sebut saja akunlama@gmail.com), lalu di akunbaru@gmail.com, saya buat blog dengan alamat yang sama, yaitu abc.blogspot.com (karena sudah dihapus saya kira alamat tersebut menjadi tersedia). Namun ternyata tidak berhasil. Alamat blog yang sudah dihapus tersebut tetap tidak bisa dipakai oleh akun lain.

Melalui bimbingan Google, akhirnya saya temukan cara untuk memindahkan kepemilikan alamat sebuah blog dari satu akun ke akun lainnya. Bahkan tidak perlu menghapus blog tersebut dan segala artikel/post, komentar, layout, dll, tetap tidak berubah sama sekali (mungkin ini tidak berlaku untuk settingan adsense-nya, saya kurang tahu tentang ini karena blog yang saya ubah kepemilikannya tidak ada adsense-nya)

Berikut cara mengubah kepemilikan sebuah blog (di sini saya menganggap interface bahasa yang digunakan di dashboard blogger adalah Bahasa Inggris)

Akan lebih baik bila Anda menggunakan 2 browser yang berbeda agar mudah untuk melakukan proses ini (bukan hanya berbeda tab/window), karena ada cookie yang akan tersimpan. Bila hanya menggunakan satu browser Akan sangat merepotkan, karena Anda harus berkali-kali log-in/log-out dari satu akun ke akun lain :

Di browser pertama ( IE 8 )
  1. Login ke dashboard  blogger (mis: akunlama@gmail.com)
  2. Masuk ke settings dari blog yg ingin diubah kepemilikannya
  3. klik tab Permission
  4. klik tombol "ADD AUTHORS"
  5. masukkan alamat gmail yang akan menjadi pemilik baru dari blog tersebut (misal: akunbaru@gmail.com)
  6. klik tombol "INVITE"
Di browser kedua ( ex. Chrome/Firefox)
  1. Masuk ke gmail.com dan log in dengan akun yang sama dengan langkah 5, lalu cek inbox, apakah email invitation sudah datang, isinya kurang lebih:

    The Blogger user [pemilik lama] has invited you to contribute to the blog: [nama blog]

    To contribute to this blog, visit:
    http://www.blogger.com/i.g?inviteID=xxxxxxxx&blogID=yyyyyyyyy

    You'll need to sign in with a Google Account to confirm the invitation and start posting to this blog. If you don't have a Google Account yet, we'll show you how to get one in minutes.

    To learn more about Blogger and starting your own free blog visit http://www.blogger.com.

  2. Klik link yang ada di email tersebut, maka Anda akan dibawa ke akun Anda di blogger.com, lalu masukkan password

  3. Selamat Anda sudah menjadi Author, di blog tersebut, namun belum menjadi Administrator dari blog tersebut. Author hanya dapat membuat post/artikel saja dan tidak ada hak lain terhadap blog tersebut

Kembali ke browser pertama
  1. Ulangi langkah 1,2, dan 3. Disana Anda akan melihat bahwa akunbaru@gmail.com sudah menjadi author.
  2. Klik Grant admin privileges, lalu tekan tombol GRANT ADMIN PRIVILEGES
  3. Selamat, akun_baru@gmail sudah memiliki hak administrator atas blog tersebut
  4. Bila memang ingin akun_baru@gmail.com menjadi admin tunggal di blog tersebut hapus saja akun_lama@gmail.com dengan mengklik remove yang di paling kanan
Semoga bermanfaat



Image and video hosting by ggpht

6 comments:

Kang Dadang.
gmn atu ??
tak ada tulisan "Grant admin privileges" gituu ??

gmn ya kang ??

http://pedasmaniscinta.blogspot.com

klo "Grant admin privileges" itu adanya di akun yg memberikan kuasa.. misalnya A ke B maka adanya di dashboard A yg akan ada tulisan "Grant admin privileges" nya di bagian permission

ahirnya ketemu disini. thx kang...

gan ko ada suruh ngasih nama tampilan untuk mendaftar bloger, apa musti harus diisi, kan katanya kita sudah jadi anggota dari blog yang lama.....?
tolong jawabanya gan....thanks

Terima kasih ya kang.. atas infonya.. akhirnya saya berhasil mindahin admin...


http://oksbro.blogspot.com